Tutorial Instal Cloudflare WARP di Windows & Mac

Cloudflare WARP

Wajib Baca:

Ferdian Alfianto

Ferdian Alfianto

Ferdian Alfianto adalah seorang penggila dunia Internet, Mac Lover; suka menggunakan Wordpress, bereksperimen dengan Linux (terutama Debian dan Ubuntu), mengutak-atik pfSense router, senang bereksperimen dengan LEMP (Linux, Nginx, MariaDB, PHP) dan Redis. Anda bisa kontak saya disini.

Pagi ini saya menerima email pemberitahuan dari Cloudflare bahwa layanan Cloudflare WARP sudah tersedia untuk OS Windows & Mac, namun masih tahap Beta.

Aplikasi ini bisa berjalan membutuhkan minimal OS Windows 10 64bit update 1909, dan untuk Mac minimal di Mac OS Catalina (10.15). Jadi pastikan dulu sistem OS sesuai yang dibutuhkan, sebelum kamu instal aplikasi ini.

Silahkan download aplikasi Cloudflare WARP di sini.

Cara instal pun sangat mudah, tinggal download & instal. Tampilan antarmuka mirip dengan versi di smartphone. Tinggal geser tombolnya, aplikasi ini langsung bekerja.

NOTE: Restart komputer setelah selesai instal. Ini wajib dilakukan, untuk menghindari masalah pada koneksi Internet kita.

Warp Off
Warp ON

Sama dengan versi di smartphone, ada 2 pilihan mode operasi, yakni mode DNS Query saja, atau mode seluruh koneksi dienkripsi oleh Cloudflare WARP ini. Jika kamu hanya membutuhkan DNS bebas dari hijack ISP, pilih DNS Query saja. Dan cara switch-nya pun mudah, kamu tinggal klik kanan ikon aplikasi pada kanan bawah layar, dan pilih “1.1.1.1” untuk hanya query DNS, dan pilih “1.1.1.1 with WARP” untuk enkripsi seluruh trafik.

Preferensi

Cloudflare Warp juga menyediakan opi-opsi pengaturan & informasi lainnya. Jika kamu klik menu “Preferences”, akan muncul layar preferensinya.

Pada tab General, akan muncul informasi koneksi kamu, seperti mode operasi, protokol dns, lokasi server, jenis koneksi, IP publik & Device ID.

Pada tab “Connection”, disini kamu bisa melakukan setting:

  1. Disable for all Wi-Fi networks, jika kamu centang opsi ini, maka aplikasi Cloudflare WARP ini akan di non-aktifkan jika kamu konek ke jaringan Wi-Fi.
  2. Disable for all wired networks, pilihan ini memungkinkan kamu menonaktifkan aplikasi ini jika kamu terkoneksi ke jaringan via kabel.
  3. DNS Protocol, kamu bisa memilih protokol apa yang digunakan untuk melakukan query dns, apakah protokol WARP, DNS melalui port HTTPS, ataukah DNS melalui TLS.
  4. 1.1.1.1 for Families, memungkinkan keamanan untuk keluarga. Jika kamu memilih “None”, maka tidak ada proteksi, semua query dns atau koneksi akan dibuka selebar-lebarnya. “Block Malware”, koneksi kamu akan dilindungi dari malware. Sedang “Block Malware and Adult Content”, melindungi koneksi dari malware dan situs-situs dewasa. Jika komputer anda dipakai bersama dengan keluarga, saya sarankan menggunakan pilihan terakhir.

Pada tab “Account”, akan ditampilkan informasi Lisensi Key. Anda bisa menggunakan key lain yang mungkin anda punyai, dengan klik tombol “Use Different Key“.

Pada tab Feedback, kamu bisa mengirimkan saran, umpan balik, informasi bug, dll ke tim pengembang aplikasi Cloudflare WARP ini.

Di tab terkahir, DNS Logs, kamu bisa melihat informasi log hasil query dns dari aplikasi ini.

Demikian informasi aplikasi Cloudflare WARP, semoga bermanfaat.

Bagikan di
Facebook
Bagikan di
Twitter
Bagikan di
WhatsApp
Bagikan di
Telegram
Bagikan di
Email

Artikel Terbaru:

Logo MongoDB
Linux

Mudah Instal MongoDB di Ubuntu 20.04

Tutorial ini menjelaskan cara menginstal dan mengkonfigurasi MongoDB Community Edition di Ubuntu 20.04. MongoDB adalah database dokumen open-source dan gratis. Milik keluarga database yang disebut

Artikel Terkait:

Cara Mudah Download Lagu dari Spotify

Setelah sebelumnya saya memberikan tutorial mudah download lagu dari iTunes/Apple Music; pada kesempatan kali ini saya persembahkan tutorial cara mudah download lagu dari Spotify. Agar

Antivirus Gratis Yang Sudah Tidak Gratis Lagi

Pepatah lama berbunyi “There ain’t no such thing as a free lunch” adalah ungkapan yang cocok disematkan untuk software antivirus dengan embel-embel “gratis”. Ya, antivirus

Apple Music Kini Hadir di Semua Platform!

Ketika Apple Music diluncurkan empat tahun lalu, pelanggannya hanya bisa menikmati melalui aplikasi iTunes di Mac OS, iOS atau Windows PC. Tidak lama berselang, iTunes